Indonesia Ekspor 300.000 Ton Jagung ke Malaysia dan Filipina

DetikFokus – Tahun 2018 ini Indonesia menargetkan akan mengekspor 300.000 ton jagung. Menurut Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, negara tujuan eksport tersebut yaoti Malaysia dan Filipina. Indonesia akan memasok jagung hingga 1 juta ton ke Filipina dengan nilai Rp 1 triliun. Dan 3 juta ton dengan nilai Rp 10 triliun ke Malaysia.

“Kita sudah MoU dengan mereka, kita siap ekspor pangan ke sejumlah negara itu,” ujar Amran setelah mengeksport jagung ke Filipina.

“Luar biasa potensi negara tetangga kita pak Gubernur, dan Sulses pasti bisa,” lanjut Amran.

Menurut Amran, ekspor ini sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor dan menurunkan jumlah impor di Indonesia.

“Ini sesuai pesan pak Presiden Jokowi waktu MoU, kita harus tingkatkan ekspor dan menurunkan impor,” kata Amran.

Indonesia saatnya Ekspor jagung ke negara tetangga.
Indonesia saatnya Ekspor jagung ke negara tetangga.

Sebelumnya, 57.000 ton jagung dari Gorontalo sudah diekspor ke Filipina, Amran mengatakan ekspor jagung ke Filipina sebagai bentuk kerja keras, yang dulunya impor, sekarang ekspor.

“Ini hasil kerja keras kita, dulu kita impor dari negara lain, sekarang kita buktikan kita ekspor ke negara tetangga,” kata Amran.

Amran menjelaskan jika ini adalah fakta yang tak bisa ditolak. Bahwa Indonesia akan melakukan ekspor lagi sebesar 300.000 ribu ton dari sektor pangan.

“Kita target tahun ini 300.000 ton ekspor dan ini fakta kami akan lakukan,” jelasnya.

cc : detikfinance

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *