10 solusi atasi hidung tersumbat tanpa obat

Selain kepala pusing dan demam, ada satu lagi gangguan paling dibenci yaitu hidung tersumbat. Sebabnya, kamu jadi tidak bisa bernapas secara leluasa. Belum lagi kadang hidung tersumbat disertai dengan bersin yang tak kunjung henti hingga mata jadi berair.

Well, kamu merasa tersiksa karenanya? Coba perawatan rumahan berikut ini untuk mengatasi hidung tersumbat seperti yang dilansir dari boldsky.com.

Kompres air hangat
Mengompres hidung dengan air hangat jadi cara yang efektif dan mudah untuk mengobati hidung tersumbat. Selain untuk membuka saluran hidung, pengompresan ini juga berguna untuk mengurangi peradangan di lubang hidung.

Cuka apel
Cuka apel juga menjadi cairan alami untuk melegakan hidung tersumbat. Sebabnya, cuka apel tinggi akan potasium dan asam asetat yang membantu dalam menghilangkan lendir dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Penguapan
Selain dikompres, kamu juga bisa membuat hidung tersumbat jadi lega dengan penguapan.

Konsumsi makanan pedas
Makanan pedas, terutama yang terbuat dari cabai bertindak sebagai dekongestan alami yang membantu untuk menipiskan lendir dari paru-paru. Kemudian kandungan capsaicin dalam cabai berguna untuk mengurangi pembengkakan di hidung.

Air saline
Air saline adalah obat rumahan lainnya untuk mengobati hidung yang tersumbat. Sebab air ini akan memberikan dampak langsung pada penipisan lendir.

Bawang putih
Bawang putih dapat bertindak sebagai ekspektoran dan dekongestan alami yang bisa melegakan hidung tersumbat. Bonusnya, bawang putih juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jus tomat
Jus tomat merupakan pengobatan rumahan mudah untuk melegakan hidung tersumbat serta mengurangi peradangan yang terjadi.

Basil
Tak hanya berguna sebagai bumbu dapur, basil juga bermanfaat untuk melegakan hidung yang tersumbat. Sebab, basil memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antimikroba.

Jahe
Sifat anti inflamasi di dalam jahe akan melegakan hidungmu yang mampet karena tumpukan lendir. Konsumsi jahe juga akan meningkatkan imunitas sehingga tubuhmu kebal terhadap segala macam serangan penyakit ringan.

Daun mint
Daun mint mengandung mentol yang mengendurkan saraf di dalam lubang hidung sehingga pernapasan jadi lebih lancar. Daun mint juga membantu untuk meluruhkan lendir serta membersihkan saluran hidung sehingga membuatmu bernapas jadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *