10 Tagar yang Paling Banyak Digunakan Netizen Indonesia sepanjang tahun 2016

0
236

Beragam topik dicuitkan netizen Indonesia melalui linimasa Twitter. Sepanjang tahun 2016, Indonesia memproduksi 4,1 miliar tweet. Twitter mencatat ada 10 momen paling populer dan 10 tagar yang paling banyak digunakan netizen Indonesia sepanjang 2016.

“Tagar menjadi alat menyatukan topik netizen di linimasa,” kata Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong di The Hook Restaurant Jakarta, Selasa 6 Desember 2016.

Berikut 10 tagar yang paling banyak digunakan netizen Indonesia sepanjang tahun 2016:

1. #RI71
Tagar saat perayaan kemerdekaan Indonesia ke-71 ini menjadi tagar terbanyak dicuitkan netizen Indonesia. Penggunaan tagar ini semakin banyak setelah Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di Olimpiade Rio Brazil 2016.

2. #KamiTidakTakut
Serangan terorisme di Sarinah, di pusat kota Jakarta pada Januari 2016 berhasil membuat masyarakat dan netizen di seluruh Indonesia menyatukan suara sebagai bentuk perlawanan terhadap aksi terorisme. Masyarakat menyatakan sikap tidak takut dan membuat tagar #KamiTidakTakut untuk menyatukan suara masyarakat Indonesia kepada para pelaku terorisme.

3. #PrayForJakarta
Kejadian pemboman di Sarinah tak hanya membuat masyarakat menyatakan sikap tidak takut pada aksi terorisme. Kejadian ini juga turut mendapat perhatian dari masyarakat di berbagai negara. Tagar ini tak hanya di gunakan oleh masyarakat Indonesia tetapi juga oleh masyarakat dunia.

4. #EURO2016
Kegemaran masyarakat Indonesia pada sepak bola membuat linimasa Twitter ramai dengan pembahasan mengenai kompetisi sepak bola dunia. Masyarakat Indonesia meramaikan linimasa dalam bentuk pandangan, dukungan dan informasi terbaru tentang pertandingan melalui tagar ini.

5. #LoveBTS
Kecintaan netizen dengan artis Korea membuat linimasa ramai dengan tagar #LoveBTS. Tagar ini merupakan bentuk ekspresi netizen pecinta KPOP pada boyband Bangtan Boys. Berbagai kegiatan mulai dari peluncuran video klip terbaru, hingga video kegiatan sehari-hari para personel Bangtan Boys menjadi konten yang banyak dibagikan.

6. #JumatBerkah
Di luar kegiatan besar di Indonesia dan di dunia, Netizen Indonesia juga menbuat tagar khusus mengenai ucapan syukur. Dengan tagar #JumatBerkah netizen Twitter menyatakan syukur atas datangnya hari Jumat.

7. #EXO
Boyband Korea kecintaan masyarakat Indonesia yang turut diperbincangkan di Twitter adalah EXO. Selain Bangtan Boys, netizen menyampaikan dukungan dan kecintaannya pada boyband EXO melalui linimasa hingga membuat tagar ini menjadi tagar nomor 7 yang banyak digunakan sepanjang tahun.

8. #wowfakta
Masyarakat pengguna internet Indonesia senang dengan berbagai informasi baru yang mendidik dan memperluas pengetahuan. Salah satu tagar yang digunakan untuk berbagi dan menceritakan fakta-fakta unik adalah #wowfakta.

9. #Rio2016
Pesta Olahraga Dunia Olimpiade Rio Brazil tak luput menjadi pembicaraan netizen. Dukungan kepada kontingen Indonesia hingga ucapan selamat kepada para peraih medali menjadi konten yang disampaikan netizen dengan tagar #Rio2016.

10. #PrayForMadinah
Tagar #PrayForMadinah banyak digunakan oleh netizen Indonesia untuk menyatakan duka dan doa bagi para korban serangan bom di Madinah.